Akibat Virus Corona, Ekspor Ikan Laut ke China Menurun

Wikinews.id,- Penundaan sementara penerbangan langsung (direct) dari dan ke China mulai hari Rabu (5/2/2020) lalu tidak hanya berdampak pada lalu lintas penumpang, namun juga ekspor hasil perikanan dan laut.

Bahkan ekspor hasil laut dan perikanan tujuan ke berbagai kota di China melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) menurun drastis.

Hal itu dirasakan langsung oleh pelaku ekspor hasil laut dan perikanan, salah satunya PT Mitra Jayakarta Persada (MJP Cargo).

Marsin, Manager Ekspor MJP Cargo mengaku, sejak penerbangan langsung dari dan ke China disetop, ekspor komoditi perikanan anjlok.

“Ekspor hasil perikanan seperti lobster, kepiting dan berbagai jenis ikan hidup lainnya menurun tajam. Persentasinya hampir 80 persen,” kata Marsin kepada tangerangonline.id di Terminal Kargo Bandara Soetta, Tangerang, Jumat (7/2/2020).

Menurut Marsin, sebelum mewabahnya Virus Corona di China daratan MJP Cargo masih mengekspor komoditas perikanan hingga 15 hingga 20 ton per harinya.

“Kemarin paling 800 kilogram. Hari ini bahkan tidak ada sama sekali,” keluh Marsin.

Dikatakannya, China merupakan tujuan utama ekspor hasil perikanan dari MJP Cargo. Ia pun berharap agar situasi kembali normal seperti sedia kala.

“Tujuan utama kami ke China. Ada beberapa ke negara lain, namun tidak banyak,”ujar Marsin.

Semoga keadaan ini tidak berlangsung lama. Dan wabah virus di China cepat berlalu,” harapnya. (Zq)

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *