Cegah Penyebaran Covid-19, PERMUI, LKBHMI dan GMKI Bagikan APD

Wikinews.id, Jakarta,- DKI Jakarta menjadi penyumbang terbanyak jumlah penderita Covid-19 di Indonesia. Atas dasar permasalahan tersebut PERMUI (Perempuan Milenial Untuk Indonesia), PB LKBHMI, GMKI JAKARTA, melakukan gerakan sosial lintas organisasi.

Dalam press releasenya (6/4/2020) Nadia Yulianda PutriĀ  ketua umum PERMUI berharap ditengah sulitnya mendapat alat perlindungan diri Covid-19 masyarakat tetap sadar dan waspada terhadap bahaya dan penyebaran Covid-19, walaupun disisi lain masyarakat tidak bisa meninggalkan rutinitas demi menstabilkan perekonomiannya.

“Dari 2491 penderita Covid-19 setengah nya ada di ibukota. Ditambah lagi dengan keadaan sulit mendapatkan alat perlindungan diri dari Covid-19 diantaranya kelangkaan masker dan juga harga yg di buat di pasaran sangat tidak masuk akal, padahal banyak masyarakat yang tidak bisa meninggalkan rutinitas mereka demi menstabilkan perekonomian mereka” ungkapnya.

Dalam kegiatan lintas organisasi yang dilakukan di pasar Rawamangun tersebut dibagikan alat pelindung diri berupa masker, jamu, sarung tangan dan vit C kepada pedagang kaki lima serta melakukan penyemprotan disinfektan di lapak dagangan, angkot maupun bajaj.

Nadia berharap masyarakat bisa menjaga kesehatan dan kebersihan serta mentaati himbauan-himbauan dari pemerintah daerah maupun pemerintah pusat agar penyebaran Covid-19 bisa dikendalikan.

“Harapan kami dengan kegiatan ini agar kita sama sama dapat memutus rantai penyebaran Covid-19 demi kemajuan Bangsa ini” harapnya.

Nadia juga meminta kepada pemerintah Pusat agar memperhatikan masalah lain yang ditimbulkan dari Covid-19, kurangnya pendapatan dan tingginya harga sembako di pasaran membuat masyarakat semakin tertekan, sehingga himbauan terkait social distancing, penggunaan masker ataupun work from home jadi kurang efektif.

“Himbauan pemerintah jadi kurang efektif karena masyarakat sendiri belum menemukan titik aman masalah perekonomiannya, itu kenapa masyarakat masih banyak melakukan aktivitas” pungkasnya.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *