Masa Bakti Berakhir, Karang Taruna Kelurahan Rawabuntu Adakan Pemilihan Secara “Terbuka”

Pengurus Karang Taruna Rawabuntu, Usai Raker Karang Taruna Kecamatan Serpong – Lokasi Puncak Bogor

Wikinews.id, Rawabuntu – Tepat bulan ini masa bakti Ketua Karang Taruna Kelurahan Rawabuntu akan segera berakhir. berdasarkan peraturan Menteri Sosial yang baru masa bakti untuk Ketua Karang Taruna kelurahan disamakan periodenya dengan Ketua Karang Taruna Kecamatan, Kota, Provinsi dan Nasional, yaitu 5 tahun.

Untuk mekanisme pemilihannya sendiri tidak secara eksplisit dijelaskan dalam peraturan tersebut, misalnya di pasal 20 ayat 2 Peraturan Menteri Sosial No. 25 Tahun 2019 menjelaskan bahwa kepengurusan Karang Taruna Desa/Kelurahan dipilih, ditetapkan, dan disahkan dalam musyawarah warga Karang Taruna di Desa/Kelurahan dan kemudian dikukuhkan oleh Kepala Desa atau Lurah Setempat.

Di temui dikediamannya (15-03-2020) terkait mekanisme pemilihan ini, Ketua Karang Taruna Kelurahan Rawabuntu Ubay Bainuri mengatakan bahwa dirinya akan membuat pemilihan ini secara terbuka, “iya ini akan kita buat terbuka karena kita ingin memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada pemuda-pemudi terbaik yang ada di Kelurahan Rawabuntu untuk sama-sama menggali semua potensi-potensi” ujarnya.

Selain itu, Ubay begitu sapaan akrabnya, berharap tentang konsep terbuka ini bisa meningkatkan partisipasi dan semangat pemuda-pemudi Rawabuntu untuk berperan aktif dalam mewujudkan kesejahteraan sosial di Rawabuntu.

Sebagai wujud dari “Terbuka” ini Ubay sudah mengirimkan surat undangan keseluruh Unit dan Sub Unit yang ada di Kelurahan Rawabuntu yang isinya adalah arahan untuk segera membentuk panitia pemilihan.

“Selanjutnya untuk bagaimana mekanisme pemilihan, waktu dan tempat pelaksanaan Musyawarah Warga Karang Taruna Kelurahan Rawabuntu, sepenuhnya akan menjadi tanggung jawab dan kewenangan panitia pemilihan tersebut,” ujarnya lagi.

Ditanya apakah beliau akan mencalonkan lagi?, sambil tersenyum dia menjawab, “Kalo itu kita liat nanti ya” Jawabnya. (lee/red)

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *