“New Normal” Transportasi Udara, HIPMI: Kuncinya, Maskapai dan Masyarakat Harus Disiplin

Ajib Hamdani (Ketua Bidang Keuangan dan Perbankan BPP Hipmi)

Wikinews.id, Jakarta,- Konsep “New Normal” merupakan sebuah pola hidup yang memprioritaskan kesehatan dan perekonomian bisa tetap berjalan di tengah pandemi Covid-19.

Dalam bisnis penerbangan pemerintah mengeluarkan regulasi yang tertuang dalam SE kemenhub no 32 tahun 2020 dan SE no 04 tahun 2020 Gugus Tugas Covid-19 yang menjadi landasan prosedur baru di sektor transportasi udara.

Saat di hubungi wikinews.id (23/05/2020) Ajib Hamdani (Ketua Bidang Keuangan dan Perbankan BPP Hipmi) menilai regulasi pelonggaran PSBB di sektor bisnis transportasi udara sudah tepat. Menurutnya dalam pelaksanaan aturan tersebut, kuncinya bagaimana pelaku usaha maskapai dan masyarakat disiplin menjalankan prosedur yang sudah ditetapkan.

“Kunci pencegahan meluasnya Covid-19 adalah disiplinnya semua  pemangku kepentingan, regulator, pelaku usaha dan masyarakat” jelasnya.

Dalam penjelasannya terkait new normal bisnis transportasi udara, pemerintah harus tegas dalam pengawasan atas kebijakan yang sudah di keluarkan, menurutnya harus jelas antara penghargaan dan hukumannya, karena pengatur keseimbangan pola “new normal” ini ada di pembuat aturan.

“harus ada reward dan punishment yang jelas dari pemerintah. Maskapai yang melanggar aturan, bisa dievaluasi dalam mendapat insentif pelonggaran PSBB ini” ucapnya.

Menurutnya faktor kedisiplinan akan menjamin konsep “new normal” berjalan dengan baik. Karena Pemerintah sebagai regulator mempunyai instrumen untuk melakukan pengawasan atas aturan yang dibuat.

“Seharusnya fungsi kontrol dijalankan dengan baik. Karena disinilah alat ukur efektivitas pelaksanaan aturan”. Pungkasnya(ws)

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *