Sema-Anti Korupsi Kawal KPK Atas Dugaan Keterlibatan Anggota BPK Dalam Lingkaran Korupsi Bantuan Sosial

Wikinews.id, Jakarta,- Korupsi dana bantuan sosial masih bergulir, KPK hari ini dalam masa pengembangan baik data maupun fakta siapa saja yang akan ikut menjadi barisan eks menteri sosial dalam kasus korupsi bantuan sosial.

Sebelumnya beredar, ada dugaan kuat AQ anggota BPK RI akan menjadi bidikan selanjutnya sebagai jalan dari terduga menjadi tersangka KPK dalam dugaan Kasus korupsi Bantuan sosial.

Menurut Sekjen Sema-Anti Korupsi, Aspri Udin (24/12/20), pihaknya mendukung KPK untuk memeriksa AQ anggota BPK RI.

“Dugaan kuat kami selain KPK telah menaruh curiga pada #AnakPakLurah yang di ketahui anggota Parpol, juga ada AQ anggota BPK RI telah ikut terseret kongkalikong pembagian hasil korupsi Bantuan sosial.” Terangnya.

Di ketahui AQ adalah anggota BPK RI yang sebelumnya telah menjadi terduga kasus dana hibah KONI yang meringkus Menteri pemuda dan olah raga imam Nahrawi. AQ diduga ikut menikmati aliran dana koni sebesar 3 milliar.

“Dalam sekandal kasus korupsi Bantuan sosial, seharusnya BPK RI ini dalam tugasnya ialah memeriksa/mengaudit dan melaporkan hasil keuangan setiap lembaga-lembaga negara.” Ucapnya.

Sesuai Pasal 23 ayat (5) UUD Tahun 1945 menetapkan bahwa untuk memeriksa tanggung jawab tentang Keuangan Negara diadakan suatu Badan Pemeriksa Keuangan yang peraturannya ditetapkan dengan Undang-Undang. Hasil pemeriksaan itu disampaikan kepada Dewan Perwakilan Rakyat.

Lanjutnya, “seorang Terduga Koruptor tidak layak menempati jabatan sebagai anggota BPK RI, yang dibutuhkan integritas untuk rakyat dan dipercayai bahwa dia mampu mejalankan tanggung jawabnya dengan baik.” pungkasnya.(rls)

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *