Sinergi Pentolan HIPMI, Penggerak Kebangkitan Ekonomi Nasional

Kiri Menteri BUMN Erick Thohir, menparekraf Sandiaga Uno, Kepala BKPM Bahlil lahadalia, menteri perdagang M. Lutfi

Wikinews.id, Jakarta,- Presiden Jokowi telah mengumumkan reshuffle kabinet dengan memasukkan Sandiaga Uno sebagai Menteri Parekraf dan M. Lutfi sebagai Menteri Perdagangan.

Dua menteri baru dalam jajaran Kabinet Indonesia Maju ini adalah pentolan Himpunan Pengusaha Muda (HIPMI), dimana Sandiaga Uno adalah Ketua Umum BPP HIPMI Periode 2005-2008 dan M. Lutfi adalah Ketua Umum BPP HIPMI Periode 2001-2005.

Melengkapi pentolan Hipmi di jajaran sebelumnya, yaitu Bahlil Lahadalia (Ketua Umum BPP Hipmi periode 2014-2019) sebagai Menteri Investasi/Kepala BKPM, dan Erick Thohir (Pengurus BPP Hipmi periode 2005-2008) sebagai Menteri BUMN.

Menurut Ajib Hamdani Ketua Bidang Keuangan dan Perbankan BPP HIPMI (24/12/20), Jaringan dan persahabatan yang sudah terbangun sejak lama bisa menjadi modal utama untuk mensinergikan 4 kementerian yang digawangi sebagai lokomotif untuk menggerakkan perekonomian, sesuai dengan gagasan besar yang dibangun oleh presiden Jokowi.

“Target pertumbuhan ekonomi tahun 2021 sebesar 4-5% hanya bisa terbangun ketika kementerian-kementerian teknis bisa saling bekerja sama. Karena sementara ini, yang terlihat adalah egosektoral antar kementerian atau lembaga.” Terangnya

Ajib menilai, Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mempunyai tantangan mendatangkan investasi yang bisa menopang 30% PDB. Di sisi lain, menteri BUMN Erick Thohir mempunyai tantangan untuk membangun BUMN yang lebih efektif, profesional dan menguntungkan.

“Mengkombinasikan fungsi BUMN sebagai alat penggerak perekonomian, tetapi juga harus menjamin social welfare.” Ucapnya.

Di sisi lain, menteri perdagangan M.Lutfi, dengan segudang pengalamannya akan sangat berperan membangun ekosistem perdagangan yang lebih baik, mulai dari membuat regulasi, eksekusi dan supervisi perdagangan, serta juga membuat neraca keuangan negara lebih positif.

Lanjutnya, menteri pariwisata dan ekonomi kreatif Sandiaga Uno, merupakan darah muda yang sangat relevan untuk mendorong industri kreatif dan pariwisata sebagai salah satu penopang pertumbuhan ekonomi pasca pandemi.

“Dengan sinergi yang terbangun di antara 4 tokoh senior Hipmi ini, diharapkan menjadi role model membangun sinergi yang positif antar kementerian atau lembaga. Sehingga, visi presiden yang merupakan janji kepada rakyat, bisa tercapai dengan baik.” Pungkasnya.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *