Tampilkan tari Merak di Unpam, PMRS Ingin Populerkan Budaya Sunda

Tarik merak persembahandari PMRS
Tarik merak persembahandari PMRS

Wikinews.id|Tangerang Selatan- Paguyuban Mahasiswa Rantau Sunda (PMRS) menampilkan tari budaya Merak dari Jawa Barat dalam acara pembukaan Seminar Nasional di Auditorium kampus Universitas Pamulan (Unpam) Selasa (24/09/2020).

Dalam acara tersebut memperlihatkan aksi ketiga penari yaitu Ai Nurul Azizah ,Siti Chusnul Nurlaeli, Winda seftiany, dihadapan para narasumber dan peserta seminar.

Agus Syarifudin sebagai ketua PMRS menjelaskan bahwa tarian merak mempunyai filosofi dari sikap seekor burung merak yang mencerminkan keindahan nya.

“Tari merak sendiri bermakna tentang semua keindahan yang dimiliki oleh burung merak, baik tingkah laku maupun bulu-bulu indahnya. Beberapa gerakan yg ada dlm tari merak menggambarkan tentang usaha burung merak jantan saat menarik perhatian betina, dengan cara melebarkan bulu dan ekornya yang menawan” jelasnya.

Agus berujar, kegiatan ini bagian dari upaya PMRS meningkatkan kepedulian terhadap budaya Sunda, ia juga berharap agar kedepan pemerintah bisa mensuport aktivitas mempopulerkan budaya sunda ini.

“Harapan kedepan mudah-mudahan kebudayaan sunda kedepan semakin lebih dikenal masyarakar, juga kepedulian terhadap budaya meningkat” Harapnya.

Sementara Dadang Sumarna bagian kemahasiswaan Unpam, sangat mengapresiasi kegiatan PMRS yang menampilkan kesenian tradisional sunda tersebut.

Dadang juga berharap agar PMRS jangan patah arah mempopulerkan budaya sunda, terlebih keseian sunda mulai ditinggalkan oleh kalangan anak muda.

“Mungkin harapannya PMRS kedepan bisa lebih giat mempopulerkan budaya sundanya dan itu betul-betul kentel, karena bagaimanapun kan semakin kesini orang semakin lupa dengan budaya nya” tutupnya. (am)

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *